Kamis, 06 Maret 2014

Eksotisme Pulau Biawak Indramayu



Pulau biawak merupakan wisata yang terlupakan dari kota indramayu, jawa barat. Pulau ini memiliki pesona yang sangat unik, karena karangnya yang masih ‘perawan’ dan eksotis. menginjakan kaki dipulau biawak , anda dipastikan takjub. Apa lagi disana terdapat mercusuar buatan belanda tahun 1872 yang hingga kini masih berdiri tegak setinggi 65 meter atau 16 lantai . udara bersih dengan semilir angin laut membuat rasa capek dan lelah selama perjalanan laut akan sirna begitu kaki menginjakkan pulau biawak . ditambah berseliwerannya ikan hias aneka warna yang mengundang kita untuk terjun dan menelusuri tiap jengkal terumbu karang disana. Keindahan pulau biawak semakin kentara apabila kita berkesempatan berkeliling pulau dengan luas 120 hektar ini. Pulau kaya dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat dipandang dari ketingian. “sedangkan nama biawak ini, diambil dari satwa biawak yang berkeliaran disini sebenarnya nama pulau ini adalah pulau rakit dan sengaja diganti supaya lebih menarik pengunjung” ujar humas pemkab indramayu. Dengan kapal milik pemkab indramayu , kita bisa menyebrang ke pulau biawak dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam, sedangkan dengan perahu motor sekitar 4 jam . kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah snorkeling dan diving . 


Keunikan yang lain yang ditawarkan pulau ini adalah kemampuan hidup biawak di lingkungan air asin . padahal biasanya biawak memilih untuk tinggal di airtawar. Untuk makannya sendiri kerap berburu ikan kecil sebagai santapan utamanya. Setiap menjelang matahari terbenam, puluhan biawak dengan panjang 20 centimeter hingga 1,5 meter terlihat berenang ditepi pantai. Pantai di pulau ini pun cukup cantik dengan pasir berwarna putih. Pulau biawak juga cocok dijadikan tempat outbond dan wisata fotografi Tidak hanya wisata alam dan sejarah , dipulau ini pun bisa wisata ziarah. Pasalnya dipulau ini terdapat makam salah satu tokoh penyebar agama islam.
Melihat potensi alamnya, kawasan ini bisa memuaskan para pemburu kenikmatan wisata. Para pengunjung tidak perlu khawatir untuk menyebrang kesana, selain sudah tersedia perahu khusus bantuan Gubernur jabar, juga terdapat dermaga yang siap menyambut para wisatawan kapan saja. Dermaga yang dibangun diatas terumbu karang ini bukan tanpa arti. Selain untuk mempermudah wisatawan menginjakkan kaki kepulau biawak dan member keindahan dengan aneka ikan hias.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar